Bantu UMKM Punya Identitas Usaha
yang Sah Agar Maju dan Berkembang
Apa Manfaat Nomor Induk Berusaha?
NIB berikan identitas resmi dan sah bagi perusahaan sehingga menciptakan dasar hukum kuat untuk operasional perusahaan dan memberikan kejelasan status usaha.
Memudahkan perusahaan dalammengakses platform pemerintah danbisnis, memastikan ketaatan terhadapregulasi, serta mengurus berbagaiperizinan dan keperluan administratif.
Lebih mudah mengakses sumber permodalan dari berbagai lembaga keuangan dan investor karena identitas usaha yang jelas dan legalitas yang terjamin.
NIB menjadi syarat terbaru dari pemerintah untuk melanjutkan penjualan di Marketplace yang menunjukkan jika bisnis dan produk yang dijual aman (Peraturan Menteri Perdagangan No. 31 Tahun 2023).
Mempermudah perusahaan untuk mengakses berbagai program dukungan dan insentif yang ditawarkan oleh pemerintah.
Perusahaan yang memiliki NIB dapat meningkatkan citra dan kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.
Jasa Pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) OSS dan Sertifikat Standar (SS)
Pengurusan NIB OSS kini semakin mudah dan efisien dengan bantuan Mitra Jasa Legalitas. Fokus pada kemudahan pengajuan dan kecepatan, layanan ini memungkinkan para pengusaha untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui sistem Online Single Submission (OSS), sehingga memudahkan mereka dalam mengurus perizinan bisnis dan memenuhi regulasi yang diperlukan. Mitra Jasa Legalitas berkomitmen untuk membantu Anda menavigasi proses ini dengan dukungan tim profesional yang berpengalaman di bidangnya.
Bagi para pelaku usaha baik UMKM maupun pelaku dengan badan usaha CV PT dahulu pasti mengenal apa itu TDP.TDP atau yang lebih dikenal dengan Tanda Daftar Perushaan adalah salah satu dokumen legalitas yang dipake sebagai KTP-nya Perusahaan. Dokumen ini sebagai bentuk bahwa perusahaan kita telah terdaftar dan diakui keberaadaanya oleh pejabat/instansi daerah yang berwenang.
Pengertian TDP (Tanda Daftar Perusahaan) adalah salah satu daftar pencatatan resmi yang dilakukan berdasarkan ketentuan Undang – undang atau peraturan lainnya yang membahas atau berkaitan dengan pelaksanaanya. TDP memuat informasi yang berikatan dengan Jenis Perushaan, Alamat Perusahaan, Bidang Usaha yang dijalankan, hingga kontak dan masa berlaku izin tersebut.Fungsi dari TDP sendiri ada banyak salah satunya menjamin kepastian usaha dan menjadi salah satu syarat untuk mengajukan izin lainnya ke instansi yang berwenang
Apa Yang Dimaksud NIB ?
Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah salah satu dokumen yang diterbitkan oleh sistem prizinan OSS yang berfungsi sebagai identitas pelaku usaha dalam rangka pelaksanaan kegiatan yang diusahakan sesuai dengan bidang usahanya masing-masing. NIB atau Nomor induk berusaha adalah salah satu jenis usaha yang memiliki dasar dari Perpres RI No. 91 Tahun 2017 tentang usaha percepatan. NIB merupakan salah satu syarat wajib bagi pelaku usaha baik individu maupun badan usaha untuk melakukan kegiatan usaha, investasi dan perizinan lainnya. NIB ibaratkata adalah KTP-nya Perusahaan untuk bisa mengakses perizinan dan kegiatan lainnya sesuai yang dijalankan dan dibutuhkan.
Nomor Induk Berusaha (NIB) berlaku selama Pelaku Usaha masih menjalankan usahanya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Namun, Perlu diperhatiakn bahwa pemmerintah/instansi/pejabat berwernang akan mencabut NIB dan menyatakan bahwa nomor tersebut tak lagi berlaku jika Pelaku Usaha ternyata melakukan penyimpangan atau menjalankan aktivitas yang tidak sesuai dengan data NIB serta tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku. NIB dinyatakan tidak sah atau batal apabila petugas verifikator menemukan penyelewengan kegiatan yang akan berakibat fatal pada pencabutan Nomor NIB
Di tahun 2021, saat ini Pemerintah Indonesia sedang mengupayakan dan membuat sistem perizinan baru. Perizinan tersebut adalah Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang kemudian proses di selenggarakan melalui Sistem, Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau lebih dikenal dengan OSS Berbasis Risiko. Lalu apa bedanya dengan NIB lama yang dikeluarkan dengan sistem OSS lama dan NIB yang dikeluarkan oleh sistem OSS terbaru tersebut?. Disini Tim Shandy Putra Business Akan membantu menjelaskannya. Simak berikutini
Apa yang dimaksud dengan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko ?
Perizinan Usaha Berbasis Risiko adalah perizinan yang berusaha berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha dan tingkat risiko tersebut menentukan jenis perizinan yang diusahakan . Pemerintah telah memetakan tingkat risiko sesuai dengan bidang usaha atau KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) yang dapat dilihat di sini. KBLI yang berlaku saat ini adalah KBLI tahun 2020 dengan angka 5 digit sebagai kode bidang usaha.
Untuk usaha dengan tingkat Risiko Rendah (R) dan Menengah Rendah (MR) , proses perizinan berusaha diselesaikan melalui sistem Online Single Submission (OSS) tanpa memerlukan verifikasi atau persetujuan dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, sedangkan usaha dengan tingkat Risiko Menengah Tinggi ( MT) dan Risiko Tinggi (T) memerlukan verifikasi atau persetujuan dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.
Masalah – masalah Seputar NIB OSS , Yang Bisa Kami Tangani :
- Jasa Hapus KBLI NIB OSS (Penghapusan KBLI di NIB & Izin Usaha)
- Jasa Tambah KBLI NIB OSS (Penambahan KBLI di dalam NIB OSS)
- Jasa Ganti Email Username (Untuk peruabahan alamat email login OSS)
- Jasa Ganti Penanggung Jawab Perusahaan (Merubah Penanggung jawab perusahaan ke pengguna lain)
- Jasa Mengefektifkan Izin Usaha NIB OSS (Pengefektifan izin usaha)
- Jasa Lupa Akun OSS (Reset Username Dan Password OSS)
- Jasa Pemenuhan Komitmen Izin Usaha OSS
Manfaat dan Fungsi NIB
Manfaat pembuatan dan pendirian Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah sebagai pengganti TDP dan sekaligus mendapatkan SIUP Atau Izin Usaha di dalam Tahapan pengurusan OSS . para pengusaha dan investor tidak perlu lagi mengurus perizinan usaha tunggal seperti SIUP, TDP , maupun izin usaha lainnya jika ingin mendirikan sebuah badan usaha. Hal ini disebabkan karena NIB memiliki fungsi sebagai pengganti izin usaha seperti SIUP, TDP, API, dan hak akses kepabeanan. Dengan demikian, Pelaku Usaha berikut investor akan semakin mudah dalam menjalankan setiap aktivitas usahanya.
Berbagai Macam Fungsi dan Keuntungan NIB
Beberapa Layanan NIB OSS Kami dalam Menjawab Permasalahan NIB OSS :
- Tidak perlu repot mengurus izin usaha yang terbilang beragam dan rumit.
- NIB juga berlaku sebagai TDP Tanda Daftar Perusahaan.
- Dengan mempunyai NIB sudah bisa dipastikan anda akan mendapatkan :
- BPJS Kesehatan.
- BPJS Ketenagakerjaan.
- Izin Usaha – SIUP SIUJK IUI Dll
- Izin lokasi dll.
- Sertifikat Standar (SS)
- Angka Pengenal Impor – API.
- Nomor Induk Kepabeanan – NIK
- Notifikasi Perizinan,Perasaran & Fasilitas
Syarat Pengurusan & Pembuatan NIB
- Scan/foto Akta Pendirian Perusahaan (Yang Maksud & Tujuan nya sudah di sesuaikan dengan KBLI 2017 terbaru)
- SK Kemenkum Ham bagi CV/PT atau SK Pengesahan Bagi Yayasan
- NPWP Badan Perusahaan
- KTP Direktur / KTP Penanggung Jawab Perusahaan
- Data Perusahaan (Akan disampaikan lebih lanjut)
Wilayah Cakupan Pengurusan NIB
Wilayah Pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) , Kami melayani pengurusan Skala Nasional , Mulai dari wilayah Jakarta , Surabaya , DLl kami sanggup melayani Pengurusan NIB
Pilih Paket Anda
Paket Spesial Pendaftaran NIB